PELATIHAN KERAJINAN KRISTIK DAN KEORGANISASIAN UKM BAKSOS

Peserta Pelatihan Pembuatan Kristik
  Selain dituntut untuk mempunyai jiwa sosial yang tinggi , semua anggota UKM Bakti Sosial UNNES juga dituntut memiliki jiwa seni yang tinggi pula. Pada tanggal 30 April 2016 UKM Baksos mengadakan sebuah kegiatan bernama Pelatihan Kruistik dan Keorganisasian tepatnya di Ruang Kesenian Jawa , Gedung UKM Pusat Lantai 2 pada pukul 14.00 WIB hingga 20.00 WIB.



  Acara ini diikuti oleh anggota baru Baksos beserta pengurus dimana seluruh pembira dan pemberian materi pelatihan kristik maupun keorganisasian berasal dari UKM Baksos sendiri. Dimulai dengan pelatihan pembuatan kristik , mungkin teman-teman merasa asing mendengar kerajinan tangan yang satu ini ? Biar saya jelaskan sedikit tentang apa itu kerajinan kristik .

Contoh Kerajinan Kristik
  Kerajinan kristik ini dibuat menggunakan sebuah kain dengan ukuran pori-pori yang cukup besar , benang dan sebuah jarum. Cara membuatnya adalah dengan membuat pola-pola berbentuk dasar "x" sesuai dengan warna yang kita inginkan. Dalam pembuatanya sangat memerlukan konsentrasi dan harus dengan kehati-hatian karena kita menggunakan jarum ya kawan hehe.. Dalam pelatihan yang diberikan oleh pembicara, peserta diminta membuat motif berbentuk huruf sesuai dengan keinginan mereka masing-masing, baik itu huruf pertama dalam nama mereka atau inisial dalam nama mereka.

 Setelah menyelesaikan 2 buah huruf , hasil dari kristik ini akan dipress nantinya menggunakan plastik khusus dan diberik pengait besi supaya bisa dijadikan sebagai gantungan kunci yang nantinya satu buah akan dibawa untuk mereka sendiri dan satu lainnya akan diperjualbelikan untuk kegiatan sosial. Acara tidak berhenti sampai disini, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian motivasi dan ilmu keorganisasian oleh Sahidul Hamzah dan Mustajab yang merupakan pengurus UKM Baksos yang dipenuhi dengan pengalam berorganisasi yang perlu dibagikan kepada anggota lainnya pastinya.
Acara ini berjalan dengan santai dan disisipi dengan sharing-sharing antara peserta maupun pengurus UKM Baksos.
Pelatihan Berorganisasi oleh Sahidul Hamzah (21)  dan Mustajab (21)

  Usai kedua acara ini berakhir dilanjutkan dengan istirahat ,ibadah dan makan bersama anggota UKM yang diakhiri dengan acara nonton bareng alias nonbar film-film yang sebelumnya dilakukan voting untuk menentukan judul film apa yang akan diputar pada malam harinya. Dan wahh seru banget seharian quality time bareng anggota UKM Baksos mulai dari membuat kerajinan yang susah-susah gampang , lalu pemberian ilmu berorganisasi yang membuat setiap peserta sempat merenungkan betapa pentingnya organisasi itu dan diakhiri dengan nonton film bareng anggota dan pengurus. WoW asik banget pokoknya kegiatan UKM Baksos dan semoga acara selanjutnya s'makin seru Hehe nantikan agenda-agenda Baksos Next Time ya :D

--Peduli Masyarakat! Berjiwa Semangat !--


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes