SNEAK PEEK UKM BAKTI SOSIAL UNNES

Buat kalian pasti nggak asing lagi kan dengan kata “Bakti Sosial”?. Bakti Sosial erat kaitannya dengan salah satu kegiatan sebagai wujud dari rasa kemanusiaan antar sesama manusia. Tujuan dari Bakti Sosial sendiri adalah menciptakan rasa cinta, rasa saling tolong menolong, dan rasa saling peduli mahasiswa kepada berbagai kalangan masyarakat luas yang membutuhkan.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai kegiatan apa aja sih yang ada di UKM Bakti Sosial UNNES? Tak kenal maka tak sayang, kalau belum kenal mari kita kenalan dulu yuk sama organisasi dan departemennya.

      Departemen apa aja sih yang ada di UKM Bakti Sosial UNNES?

Yang pertama adalah Pengurus Harian (PH), terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara. Tanggung jawab dari Pengurus Harian secara umum adalah mengkoordinasikan seluruh kegiatan dari program kerja dari seluruh departemen.

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA), bertanggung jawab sebagai wadah dan fasilitator dalam mengembangkan potensi pengurus UKM Baksos dalam hal kemampuan berorganisasi dan soft skill, serta membantu dalam menjaga kekeluargaan di dalam UKM Baksos.

Departemen Dana dan Usaha (DANUS), bertanggung jawab dalam menumbuhkan jiwa wirausaha kreatif anggota UKM Baksos, mengelola sumbangan dan donasi, dan juga membantu dalam pengelolaan finansial UKM Bakti Sosial UNNES.

Departemen Luar Organisasi (DEPLO), bertanggung jawab untuk menjalin relasi dengan komunitas dan lembaga kemahasiswaan baik di dalam maupun di luar UNNES, berperan aktif dalam komunitas sosial di Semarang, serta menjalin hubungan dengan panti asuhan dan yayasan sosial di Semarang. 

Departemen Pendidikan (DEPDIK), berperan dalam mewadahi dan mengembangkan potensi pengurus UKM Baksos dalam hal pendidikan, menjalin relasi dengan sekolah maupun bimbingan belajar, dan mengadakan pengabdian masyarakat dalam hal pendidikan.

Dan yang terakhir adalah Departemen Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), bertanggung jawab dalam mengelola seluruh sosial media milik UKM Bakti Sosial UNNES, mengelola data anggota dan alumni, serta mengelola inventaris dari UKM Baksos.

      Kegiatan apa aja yang dilakukan di UKM Bakti Sosial UNNES?

Di dalam UKM Bakti Sosial UNNES terdapat banyak kegiatan baik kegiatan internal anggota UKM Baksos maupun kegiatan eksternal yang melibatkan pihak luar selain baksos. Namun terdapat kegiatan unggulan di UKM Baksos yakni “Bulan Baksos” dan BUM “Baksos Unnes Mengabdi”. Serangkaian kegiatan “Bulan Baksos” ini dilakukan untuk memperingati hari ulang tahun UKM Bakti Sosial UNNES yang jatuh pada bulan November. Kegiatan ini meliputi Baksos Clean Day, Baksos Sowan Panti Jompo, Baksos Outbond, Baksos Teach, dan Baksos Care. Apa aja sih rangkaian kegiatannya?

Yang pertama yakni Baksos Clean Day, kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar UNNES dan menciptakan lingukngan yang bersih dan sehat.

Selanjutnya adalah Baksos Sowan Panti Jompo, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi dan berbagi kebahagiaan dengan penghuni panti jompo dengan melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan seperti berbagi pengalaman, bermain game, dan karaoke bersama-sama. Kegiatan baksos sowan ditutup dengan pemberian donasi berupa sembako dan kebutuhan yang diperlukan oleh penghuni panti jompo.

Kegiatan bulan baksos selanjutnya adalah Baksos Outbond, kegiatan ini biasanya dilaksanakan di TPQ di wilayah sekitar Semarang. Kegiatannya terdiri dari berbagai lomba dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi pemenang lomba dan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan.

Baksos Teach (Baksos Goes To School), serangkaian kegiatan Baksos Teach diawali dengan ice breaking sebagai hiburan, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan menyenangkan seperti lomba cerdas cermat untuk siswa siswi sekolah dasar, lomba membuat handycraft, dan diakhiri dengan pemberian hadiah.

Selanjutnya adalah Baksos Care, UKM Baksos berkesempatan untuk berbagi kebahagiaan dan sekaligus memberikan pendampingan kepada anak jalanan.

Serangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan diadakannya “Baksos Cup” yang diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota magang dari UKM Baksos UNNES. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan dalam 2 hari, dan dimeriahkan dengan berbagai lomba dan tentunya hadiah bagi pemenang lomba.

BUM (Baksos Unnes Mengabdi), UKM Baksos melakukan pengabdian masyarakat atau istilahnya mini kkn selama kurang lebih 5-7 hari di sebuah desa yang sudah ditentukan dan yang masuk kedalam kriteria desa tujuan bagi mahasiswa kkn.

Di masa pandemi Covid-19 ini, UKM Bakti Sosial UNNES melakukan beberapa kegiatannya dan dilaksanakan secara online. Seperti pada momen idul fitri, momen idul fitri yang biasanya dilakukan dengan bertemu, dan saling memaafkan ini terasa berbeda di tahun ini. Di tahun ini, tradisi tersebut hanya bisa dilakukan dengan online karena terkendala pandemi covid-19. Momen halal bi halal dilakukan dengan media google meet dan dihadiri oleh seluruh keluarga besar UKM Bakti Sosial UNNES, meliputi pembina, alumni, dewan pengawas, dan pengurus UKM Baksos.

Kegiatan lain yang dilakukan secara online adalah “Baksos Sharing” yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2020 yang diikuti oleh seluruh pengurus UKM Baksos. Kegiatan ini dibagi 2 sesi, sesi 1 diisi dengan sharing mandiri (pengurus lama dan pengurus baru), dan dilanjutkan dengan sesi 2 yang diisi oleh gabungan dari semua pengurus. Kegiatan ini bertujuan agar komunikasi antar sesama anggota pengurus UKM Baksos masih terjalan dengan baik, dan saling berbagi keluh kesah selama menjalankan periode kepengurusan ini.

So, tunggu apa lagi? Jangan lupa buat daftar dan jadi salah satu anggota UKM Bakti Sosial UNNES, dan tunggu kegiatan – kegiatan selanjutnya.

Untuk informasi lebih lanjut & media sosial dari UKM Baksos UNNES dapat menghubungi informasi yang tertera di bawah ini :


Instagram        : @baksosunnes

E-mail              : bhaksosunnes@gmail.com

YouTube          : UKM Bakti Sosial Unnes

Ditulis oleh      : Tim Kominfo UKM Baksos UNNES

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes