UKM BAKTI SOSIAL UNNES MENGGELAR ACARA HALAL BI HALAL VIRTUAL VIA GOOGLE MEET


Semarang– UKM Bakti Sosial Universitas Negeri Semarang, Minggu (31/05/2020) mengadakan Halal bi Halal Virtual melalui aplikasi Google Meet. Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB ini diikuti  Keluarga Besar UKM Baksos meliputi Pembina, Alumni, Dewan Pengawas dan Pengurus UKM.

Pembukaan dan Sambutan-Sambutan Seputar Pandemi

Diawali dengan pembukaan dan pembacaan tilawah Al Quran dari Nurul Husniah dan terjemahan oleh Restu memberi kesan suasana hikmat acara bertajuk Halal bi Halal ini. Ditambah lagi dengan sambutan dari pembina UKM Bakti Sosial dengan wejangan-wejangan selama masa pandemi.Tak lupa Ketua UKM Baksos juga turut angkat bicara memulai acara ini.

Prof. Dr. Zaenuri S.E M.Si Akt sebagai Pembina 1 UKM Baksos, dalam sambutannya mengatakan bahwa anggota harus tetap tabah dalam menghadapi pandemi ini, dan yakinlah pada diri kita sesuai apa dengan lirik lagu Cicak di Dinding.

“Cicak-cicak di dinding diam diam merayap datang seekor nyamuk, hap lalu ditangkap. Walaupun cicak hanya dapat merayap didinding tetapi rezeki untuk dapat hidup tetap diberikan oleh Tuhan Yang Esa dengan cara yang banyak rupa. Dan sikap tolong menolong harus tetap dijalankan oleh kita kepada saudara-saudara kita.” Ujar beliau.

Turut serta pula Pembina 2 UKM Baksos, Wantoro S.Pd. M.Pd pun menyampaikan bahwa walaupun sebagian program kerja UKM Bakti Sosial saat ini banyak yang dialihkan sementara tapi harapannya pengurus UKM Baksos harus tetap berbagi kebaikan kepada semua orang baik secara pribadi maupun kelompok, misalnya menyemprot desinfektan pada tempat ibadah maupun kegiatan bermanfaat lainnya.

Menurut Ketua UKM Baksos 2020, Yusuf Abdulah, Halal Bi Halal ini merupakan cara yang bisa diterapkan untuk saling menjaga tali silaturahmi.

“Saling memaafkan dan menyikapi kesalahan orang lain dengan memaafkanya walaupun dengan berjabat tangan online antara keluarga besar UKM Baksos ditengah pandemi  Covid-19.”

Yusuf juga mengajak para anggota peserta room Google Meet itu untuk bersalaman online. Hal ini cukup mewakili kebiasaan bersalaman layaknya halal bi halal biasanya namun secara virtual.

Serangkaian Acara Penuh Makna

Sejenak setelah berbagai sambutan, Norma Yulita Prihantina selaku pembawa acara mengajak peserta room untuk sebentar mendengarkan hiburan dari Teguh yang membawakan lagu dengan alunan gitar mengiringi.

Acara bertambah syahdu setelahnya dibacakan puisi berjudul oleh Eriandika Dewanto sebagai ketua departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Tak kalah keren, puisi Di Rumah Saja oleh Setiyo Prabowo, alumni UKM Baksos yang diamanahi menjadi Dewan Pengawas pun turut memeriahkan acara.

Dilanjut setelahnya, ada sesi sharing  dari para alumni UKM Baksos dan pembina. Fifi FE angkatan 2015 dan Hilmi FE 2013 menceritakan bagaimana kisahnya selama bergabung di UKM Baksos.

Pada kesempatan ini pula disinggung tentang Sharing Motivasi dan Kenangan Baksos oleh alumni UKM Baksos dari tahun-tahun sebelumnya. Dari mulai keanggotaannya, Fifi merasakan kekeluargaan yang erat antar anggota.

“Dengan adanya program kerja yang sederhana saja, saya merasakan UKM Baksos sudah dipandang baik. Apalagi saat periode sekarang ini, harapannya harus lebih baik lagi.” Fifi juga menyarankan untuk saling menjaga komunikasi dan mulai terbuka untuk berteman.

“Walaupun di tengah pandemi ini, komunikasi harus tetap jalan, terkhusus untuk PH+ dan umumnya seluruh anggota agar kekeluargaan itu dapat terasa.” Tambahnya. 

Sebagai penutup sesi sharing, pembina UKM Baksos pun turut memberi tambahan. Berhubung ada yang masih muda dan tua di kalangan anggota.

“Sudah seharusnya bagi yang lebih tua untuk menjaga hubungan sesama semua anggota, untuk yang masih muda untuk bisa belajar dari kakaknya dan kembangkan potensi diri.” Jelas Zaenuri memberi wejangan.

Penutupan yang Ambyar

Sesi hiburan kedua cukup membuat seisi room ramai seketika. Lagu Menepi karya Guyonwaton yang dibawakan Novi Latifa menggemparkan jiwa ambyar peserta room dengan banyaknya komentar yang masuk. Sebagian besar berkomentar dengan bahasan seputar lagu ini.

Selang berapa waktu ramai ber-ambyar ria, sudah masanya di penghujung acara untuk menutup kegiatan Halal bi Halal dengan menunduk berdoa bersama. Dipimpin M. Nailul Fiqri, serangkaian doa terlaksana dengan khusyuk sembari meminta kapada-Nya untuk segera mengangkat pandemi ini dengan segera. Agar nantinya dapat lebih optimal pengurus UKM Baksos menjalankan semua progja yang telah direncanakan.

Beberapa serangkaian acara telah dilakukan, untuk kemudian berada di penghujung acara. Norma menutup acara dengan segala kelebihan dan kekurangan selama acara berjalan untuk dimaafkan. Sejenak setelah ditutup, dibiarkan untuk sekadar berbasa-basi antar anggota selang beberapa menit setelahnya room ditutup oleh host.

Kendala Dilaksanakan Perdana

Melihat dari keberlangsungan acara, tentu ada kendala yang dirasakan sekalipun tak begitu berpengaruh terhadap kelancaran Halal bi Halal. Dari mulai kendala sinyal yang banyak dirasakan oleh para anggota sehingga beberapa anggota tidak dapat menyampaikan secara maksimal dan beberapa harus meninggalkan room lebih dulu.

Kendala lain mengenai aplikasi Google Meet yang digunakan pun beberapa anggota belum tersedia jadi mengharuskan untuk instal terlebih dahulu. Walaupun ada beberapa diantaranya sudah ada karena memang digunakan saat kuliah daring.

Adapun anggota yang berhalangan hadir karena memang berbentrok dengan kegiatan lainnya. Terlebih juga mencari orang yang bertugas sebagai pengisi acara juga sulit. Seperti setiap departemen yang harus mengirimkan puisi, namun akhirnya kepala departemen sendiri yang turun tangan, beberapa juga tidak mengirim perwakilan.

Walau acara yang merupakan program kerja dari Departemen PSDA ini baru dilaksanakan secara virtual, acara dirasa sudah cukup baik. Melihat hal ini menanggapi kondisi pandemi yang masih beredar, karena memang biasanya ini adalah agenda tahunan yang diselenggarakan secara offline.

“Memang itu progja tahunan. Tapi harusnya di dilaksanakan secara offline. Tapi karena pandemi, jadi dibuat secara virtual” Ujar Neni Isnaini, Kepala Departemen PSDA.



Untuk informasi lebih lanjut & media sosial dari UKM Baksos UNNES dapat menghubungi informasi yang tertera di bawah ini :
instagram    : @baksosunnes
E-mail         : bhaksosunnes@gmail.com
YouTube     : UKM Bakti Sosial Unnes
Ditulis oleh : Tim Kominfo UKM Baksos UNNES, alfian. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes