BAKSOS MENANAM X KAMPUS MENGAJAR 7 SDN PETOMPON 03

BAKSOS MENANAM X KAMPUS MENGAJAR 7 SDN PETOMPON 03

Planting Goodness in Nature, Harvesting a Bright Future

(Tanamkan Kebaikan pada Alam, untuk Menuai Masa Depan Cerah)


UKM Bakti Sosial UNNES telah sukses melaksanakan kegiatan Baksos Menanam 2024 pada Sabtu, 27 April 2024 di SDN Petompon 03 yang berlokasi di Jalan Tampomas Selatan I Nomor 21, Kelurahan Petompon, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Kegiatan ini mengusung tema "Planting Goodness in Nature, Harvesting a Bright Future" dengan slogan "Satu Benih, Satu Harapan, Untuk Masa Depan" yang berkolaborasi dengan Kampus Mengajar 7. Persiapan kegiatan Baksos Menanam 2024 X Kampus Mengajar 7 SDN Petompon 03 telah dilakukan sejak 1 (satu) bulan sebelum hari pelaksanaan.

Baksos Menanam merupakan program kerja Departemen Luar Organisasi UKM Bakti Sosial UNNES yang dilaksanakan tahunan dengan menanam satu atau lebih jenis tanaman di suatu lokasi dan bekerja sama dengan pihak lain. Pada 2024, Baksos Menanam X Kampus Mengajar 7 SDN Petompon 03 melaksanakan kegiatan ini di SDN Petompon 03.

Kegiatan ini diawali dengan persiapan kedatangan para murid kelas 5 dengan melakukan presensi dan memasuki kelas. Dari total 24 murid, 6 murid tidak hadir dalam kegiatan ini. Setelah memasuki kelas, kegiatan dibuka oleh pembawa acara yang merupakan seorang mahasiswa Kampus Mengajar 7. Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lalu pemberian sambutan-sambutan oleh Latifah Rizkiawati selaku ketua Kampus Mengajar 7 SDN Petompon 03, I Gusti Ayu Dewi Wedaswari selaku wakil ketua umum UKM Bakti Sosial UNNES, lalu Bapak Fuad, S.Pd. selaku guru pamong Kampus Mengajar 7 sekaligus membuka kegiatan ini, serta pembacaan doa. Setelah itu, kegiatan dilakukan dengan melakukan 2 (dua) fun games, yaitu keseimbangan bolpoin dan chemistry. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi seputar menanam, mulai dari tanaman apa yang ditanam, manfaat, hingga pengenalan kalender siram. Kegiatan dilanjutkan dengan para murid, yang didampingi oleh pendamping, keluar kelas dan menuju lahan masing-masing untuk menanam. Tanaman yang ditanam terdiri dari 12 bibit tomat, 13 bibit terong, 7 bibit bunga krokot, dan 6  bibit lidah buaya. Dokumentasi dilakukan setelah para murid selesai menanam yang kemudian langsung menuju kelas untuk pembagian hadiah dan konsumsi, serta pemberian satu bibit bunga krokot kepada 1 (satu) murid secara simbolis.

Para siswa kelas 5 SDN Petompon 03 terlihat antusias mengikuti acara ini. Dalam kegiatan ini, hadir pula DPL Kampus Mengajar 7 SDN Petompon 03, Bapak Aryo Baskoro Utomo. Tanaman yang ditanam dapat dijadikan berbagai macam olahan hingga hiasan. Kegiatan ini selesai dilaksanakan pukul 11.15 WIB. Dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat memahami manfaat menanam tanaman untukmasa depan. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes