UKM Baksos Unnes Peduli Longsor Pemalang






Sabtu (15/02) lalu UKM Bakti Sosial UNNES terjun ke Pemalang untuk menyerahkan bantuan kepada korban tanah longsor di Watukumpul, Pemalang. Peristiwa tanah longsor tersebut terjadi pada dua minggu yang lalu. Penyebab bencana ini karena selama satu minggu hujan mengguyur daerah ini. Terdapat 15 desa yang terkena bencana tanah longsor antara lain Desa Cikadu, Desa Medayu, Desa Tlagasana, Desa Majalangu dan lain-lain yang meliputi 431 rumah rusak berat, 142 rusak ringan, dan 332 terancam. Total keseluruhan rumah yang terkena imbas tanah longsor tersebut sejumlah 879 rumah dengan jumlah pengungsi ada 486 Kepala Keluarga atau sekitar 2020 jiwa.
Bantuan yang kami serahkan berupa uang tunai dan sejumlah barang kebutuhan yang lainnya seperti mie instan, obat-obatan dan lain-lain. Bantuan diterima secara langsung oleh perwakilan dari aparat penanggulangan bencana Kecamatan Watukumpul, Pemalang. Menurut salah satu aparat penanggulangan bencana, Pemulihan dari bencana ini akan diperkirakan akan berlangsung selama 6 bulan ke depan, sehingga bantuan dari pihak luar masih diperlukan sebelum pemerintah merelokasi pengungsian yang ada.
Sebagian warga juga masih takut untuk kembali ke rumah masing-masing dikarenakan takut akan terjadi tanah longsor susulan. Namun sebagian warga lain ada yang kembali ke ladang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, ada beberapa jembatan yang mengalami kerusakan akibat terbawa arus banjir seperti jembatan Batas Sari, jembatan Kali Poga, Jembatan Prigamba yang mengakibatkan akses jalan menuju daerah tersebut terputus. “Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu wujud pengabdian UKM BAKSOS UNNES kepada masyarakat. Semoga bantuan yang kami serahkan bisa bermanfaat dan dapat meringankan beban korban tanah longsor di Watukumpul, Pemalang” jelas Sri Lestari, selaku Ketua UKM Baksos Unnes 2014.



Komentar

  1. Kegiatan yang sangat inspiratif, semoga bisa bermanfaat bagi semua...

    PSC Indonesia - Spesialis Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes