UKM BAKTI SOSIAL MENGADAKAN WEBINAR KEWIRAUSAHAAN BAGI PARA PENGURUS

 

Hai Hai Haaaii..

Jadi kali ini UKM Baksos UNNES mengadakan acara webinar di tengah-tengah pandemi Covid-19. Kenapa sih kak, kok ngadai Webinar? Yaa karena efek pandemi covid-19 tidak memungkinkan untuk menggelar acara dengan pertemuan secara langsung, tau sendiri kan penularan virus covid-19 seperti apa hehehe, jadi sebagai gantinya kita ngadain webinar ini supaya ke-eksis-an UKM Baksos UNNES tetap terjaga. Tapi acara ini merupakan bentukan dari salah satu departemen di UKM Baksos UNNES, yaitu Departemen Dana dan Usaha (Danus). Kereenn yaa, berangkat dari satu depatemen bisa membuat acara sekeren ini. Proud to you kakak-kakak Danus

Nah dalam webinar ini kita menghadirkan tema “Membangun Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif dalam Berwirausaha di Masa Pandemi”. Tema ini diambil karena melihat banyaknya pelaku usaha yang merasa kesulitan dalam mempertahankan usahanya atau bahkan yang lebih buruk terpaksa menutup usahanya karena defisit yang di alami. Harapan kami melalui seminar ini tentunya bisa menjadi motivasi bagi anggota UKM Baksos UNNES dalam memulai usaha dan bisa menjadi penyemangat positif bagi yang menjalankan usaha di tengah pandemi.

Dalam webinar kali ini, kakak-kakak Danus mengundang narasumber yang sangat keren sekali, yaitu Anggih Heri Saputra yang merupakan owner dari Tahu Kekinian. Beliau merintis usahanya di tahun 2018 dan pada saat itu ia masih menjadi mahasiswa tingkat tiga di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Pencapaiannya sangat signifikan sekali karena sampai di tahun ini beliau sudah mendirikan lebih dari 30 cabang Tahu Kekinian dengan omset sebesar…. Usaha Tahun Kekinian Miliknya saat ini sebagian besar berpusat di Jawa Tengah, khususnya kota Semarang.

Melalui webinar ini, beliau menyampaikan beberapa tips dalam memulai usaha antara lain : Tips untuk mengatasi rasa takut, tips manajemen waktu, dan tips manajemen usaha di masa pandemi

1) Tips Mengatasi Rasa Takut

Yusuf, Ketua UKM Bakti Sosial memberikan sambutan

Temukan alasan yang kuat mengapa anda harus memulai usaha. Hal ini dapat berpengaruh kepada mental kita ketika sedang menjalani suatu usaha nantinya sehingga kita memiliki suatu pegangan dalam berwirausaha. 

Positif thinking. Positif thinking dapat membantu kita menciptakan jangka pemikiran semakin maju dalam beberapa langkah ke depan. Coba kamu bandingkan dengan negatif thinking, pasti pemikiran kamu akan tersendat dan jalan ditempat karena yang kamu pikirkan  hanyalah rugi, tidak laku, mudah terpengaruh dengan omongan orang. Soo, tetap berpikir positif yaa, walaupun sifat ini tidak bisa didapat secara instan tapi jalani saja prosesnya.

2) Tips Manajemen Waktu

Teguh, pengisi ice Breaking

Saat memulai usaha, kak Anggih sendiri sedang menjalani kuliah dan organisasi di kampusnya. Namun bagaimana cara baginya dalam membagi tiga kegiatannya sekaligus ? Menurut kak Anggih sendiri, kita bisa menjalankan ketiganya sekaligus, hanya saja kita tidak mungkin bisa maksimal di masing-masing kegiatan itu. Jadi intinya, kita harus memprioritaskan salah satunya agar bisa maksimal. Misal ketika ingin fokus berorganisasi, maka kita harus mengorbankan waktu untuk kuliah dan berwirausaha. Mengorbankan di sini maksudnya bukan tidak menjalankannya sama sekali, tetapi menjalankannya dengan pelan-pelan dan pasti. 

Di sisi lain, kak Anggih sudah membuktikan bahwa dibalik pengorbanan yang kita lakukan, makan kesuksesan lah yang akan jadi bayaran atas pengorbanan itu

3) Tips manajemen Usaha di Masa Pandemi


Ketika pandemi, masyarakat menjadi takut ketika bepergian bahkan untuk sekedar mampir ke toko. Maka mindset itu diputar, bahwa bukan masyarakat yang mampir ke toko, tapi toko yang menghampiri masyarakat. Caranya yaitu dengan memaksimalkan penjualan melalui online, bisa delivery order, gofoof ataupun grabfood. 

Ini merupakan strategi untuk bertahan di masa pandemi, karena jika kita menunggu pandemi selesai hendak ditunggu sampai kapan, kita tidak tahu. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes