WEBINAR PENDIDIKAN BAKSOS UNNES 2020

 



 Hei hei, apa kabar kawan

Siapkah kau untuk melangkahi masalahmu

Hadapi esok pagi ….

Ehhhhh kok malah nyanyi eheheh

Ehem ehemm…Hallo hallo Sobat Baksos…

Ada update terbaru nih dari UKM Bakti Sosial tercinta. Tepat pada tanggal 26 September 2020 UKM Baksos UNNES kembali menyelenggarakan webinar lohh. Lah, kemarin kan udah ngadain webinar, kok ngadain lagi sih? Eits…eitss jangan salah! Webinar kali ini tentu beda dengan webinar sebelumnya. Penasaran kan??? Yuk langsung aja… Cekidot...

Webinar kali ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pendidikan UKM Baksos. Tentunya tema yang diusung juga terkait pendidikan yahhh. Emang apa sih temanya?  Tema yang diusung adalah “Optimalisasi Potensi Generasi Muda dalam Penerapan Konsep Merdeka Belajar dan Pembelajaran Jarak Jauh”. Tema tersebut diusung karena mengikuti perkembangan dunia pendidikan saat ini utamanya di lingkup perguruan tinggi, diantaranya ialah kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim serta Pembelajaran Jarak Jauh sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Tujuan dari webinar pendidikan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang telah di tetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat situasi pandemi virus Covid-19 serta guna menambah wawasan peserta webinar terkait cara-cara agar potensi belajar generasi muda tetap baik dan maksimal walaupun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Sungguh mulia bukan tujuannya?

Nah, dalam webinar pendidikan ini menghadirkan narasumber yang luar biasa yakni Prof. Dr. Zaenuri, M.Si. Akt yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik UNNES serta  Bapak Rudi Salam S.P., M.Pd yang merupakan Dosen Pendidikan IPS FIS UNNES. Dan yang bikin webinar ini tambah keren adalah GRATIS alias TIDAK DIPUNGUT BIAYA!!!  Iya guys, webinar ini tuh GRATIS untuk umum!! Keren kan?! Okehh… Lanjut…



 

Melalui webinar ini Prof. Dr. Zaenuri, M.Si. Akt menyampaikan materi terkait Pembelajaran Jarak Jauh diantaranya sebagai berikut:

1. Perkuliahan daring bersifat asynchronous maupun synchronous melalui LMS maupun aplikasi yang disesuaikan dengan kondisi dan kesepakatan antara mahasiswa dan dosen, serta kemudahan monitoring dan evaluasi perkuliahan untuk menjaga mutu konten dan proses perkuliahan.

2. Obyek pembelajaran sesuai dengan lingkungan pembelajaran daring yang dapat mendukung pencapaian CPMK.

3. Perkuliahan praktik dapat dilakukan dengan simulasi, virtual lab dan sejenisnya.

Bapak Zaenuri juga menyampaikan bahwa untuk mendukung pembelajaran jarak jauh Pemerintah memberikan subsidi kuota data internet kepada siswa, mahasiswa, guru serta dosen. Kebijakan tersebut berdasar pada Peraturan Sekretaris Jendar Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet.

 


Selanjutnya dalam sesi kedua Bapak Rudi Salam S.P., M.Pd menyampaikan materi terkait Merdeka Belajar diantaranya sebagai berikut:

Salah satu pokok kebijakan merdeka belajar- kampus merdeka ialah hak belajar tiga semester di luar program studi. Jadi Perguruan Tinggi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela dapat mengambil sks di luar perguruan tinggi sebanyak dua semester atau setara dengan 40 sks. Kemudian dapat juga mengambil sks di prodi yang berbeda, di Perguruan Tinggi yang sama sebanyak satu semester atau setara 20 sks. Saat ini SKS mengalami perubahan definisi. Setiap sks diartikan sebagai “jam kegiatan” dan bukan “jam belajar”. Sedangan “kegiatan” itu sendiri diartikan sebagai belajar di kelas, praktik kerja atau magang, pertukaran pelajar, proye di desa, wirausaha, riset, studi independen dan kegiatan mengajar di daerah terpencil.

Setelah kedua narasumber menyampaikan materi, dibuka sesi tanya jawab dan diskusi. Ada beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan namun hanya dua orang yang mendapatkan hadiah. 

Gimana guys, kerennya bukan kaleng-kaleng kan? Udah acaranya gratis dapet doorprize lagi. Next, kalian gak boleh ketinggalan acaranya baksos karena banyak kejutan di dalamnya.

Udah segini dulu aja ya Sobat Baksos?! Bagi kalian yang ketinggalan acara webinar ini, jangan sedih, jangan resah, jangan gelisah. Kita punya solusinya wheeheh. Kalian bisa banget nonton videonya di youtube channel UKM Bakti Sosial UNNES atau kalau kalian pengen lebih simple lagi tinggal klik link berikut ini 

https://www.youtube.com/watch?v=vv1mJNRNEqY&t=3301s


Jangan lupa untuk like, komen dan subscribe ya guys (Aseeeekkk… Udah kek yutuber nih). 

Sampai jumpa di acara-acara selanjutnya… See you, bye-bye!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes