UNNES Peduli Merapi




Setelah meningkatkan aktivitasnya Gunung Merapi Akhirnya Meletus dengan mengeluarkan semburan awan panas (wedhus gembel) sampai mencapai ketinggian 1,5 km  pada sore 26 Oktober 2010 pukul  17.02 waktu setempat. 
Akibat semburan awan panas ini, hujan debu kemudian mengguyur kawasan lereng-lereng Merapi. Bahkan debu di kawasan Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta, tampak sangat pekat dan semakin lama debu semakin tebal.
Sejak diketahui awan hitam dan  wedhus gembel keluar dari puncak Merapi, alat EWS langsung berbunyi. Mendengar bunyi alarm itu, warga mulai panik dan berebut serta berlari menuju angkutan-angkutan evakuasi. Petugas SAR yang telah siaga di Kaliurang kemudian membagikan masker, karena debu makin pekat dan bau belerang makin menyengat. 
Banyak warga yang mengungsi terkulai lemas lantaran pingsan akibat menghirup asap abu vulkanik Gunung Merapi. melihat kondisi yang memprihatinkan itulah Universitas Negeri Semarang melaksanakan program UNNES PEDULI MERAPI, pada 29 Oktober 2010, UKM Baksos bersama beberapa UKM seperti KSR PMI, UKM SAR, MAHAPALA, MENWA, dan UKM lainnya turut serta dalam program tersebut. dengan berbekal bantuan-bantuan hasil sumbangan para donatur juga bantuan dari UNNES sendiri, bapak Rektor UNNES menyerahkan bantuan berupa bahan pangan, baju-baju, dan beberapa alat medis guna membantu dan meringankan beban para korban bencana Gunung Merapi.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes