Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

 Departemen Luar Organisasi (Deplo)

Deplo adalah suatu departemen yang berfungsi sebagai penghubung UKM Baksos dengan pihak luar seperti komunitas, organisasi, panti asuhan, instansi terkait maupun masyarakat luas. 

Program Kerja Deplo 2023

  1. Ngambil Ragi (Telah Terlaksana)

Tanggal : 8 April 2023

Sasaran : Masyarakat Sekitar Jembatan besi – Lampu Merah Daerah Sampangan

Ngambil ragi adalah singkatan dari ngabuburit sambil berbagi, Berbagi dibulan ramadhan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.. Kegiatan ini dilaksanakan dibulan puasa dengan membagikan sejumlah takjil yang dibagikan disekitar jembatan besi – lampu merah daerah sampangan untuk masyarakat disekitar.  









  1. Studi Banding (Telah Terlaksana)

Tanggal : 28 Mei 2023

Sasaran : Pengurus UKM BAKSOS 2023 X PKM Politeknik Bandung

Komunitas Terkait : PKM Polban

Tempat : Aula Dekanat FIPP Lantai 3 

Studi banding adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan organisasi atau komunitas lain yang bergerak dalam bidang sosial masyarakat, serta menjadi media untuk saling bertukar pikiran antara satu organisasi dengan organisasi lainnya guna meningkatkan kinerja organisasi yang akan dilaksanakan bersama. 



  1. BUM (Telah Terlaksana)

BUM #6 adalah kegiatan rutin UKM yang diadakan disetiap tahunnya. BUM merupakan salah satu bentuk pengabdian secara langsung dengan sasaran di salah satu desa didaerah smearing, BUM sendiri bergerak dibeberapa bidang seperti bidang pendidikan, kesehatan, sosial masyarakat, ekonomi kreatif dan sebagainya. 

  1. Baksos Menanam

Baksos menanam adalah kegiatan penanaman bibit pohon yang bertujuan membuka wawasan akan kelestarian dan menjaga ekosistem lingkungan hidup serta menjalin hubungan langsung dengan masyarakat sekitar. 

  1. Donor darah

Program donor darah bertujuan untuk mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk membantu orang orang yang membutuhkan darah dengan memenuhi ketersediaan darah sebagai bentuk keedulian terhadap sesama.

  1. Deposit

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh deplo dan depdik dengan mengunjungi panti asuhan/komunitas terkait untuk memberikan atau menyalurkan serta berbagi dalam bentuk pendidikan. 

  1. Deplo Refresing

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh pengurus internal deplo diawal dan diakhir periode yang bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan kekeluargaan antar anggota deplo. 

Tanggal : 1 April 2023 (Part 1)

Sasaran : Internal Deplo


  1. Rapat Internal

Rapat rutin yang bertujuan untuk membahas program kerja dan hal hal penting berkaitan dengan departemen dan sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi antar anggota departemen. 

Waktu : Kondisional

Sasaran : Internal Deplo 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes