Departemen Pendidikan Bakti Sosial Unnes 2023

Departemen Pendidikan (Depdik)

Depdik adalah salah satu departemen di UKM Bakti Sosial yang bergerak dibidang kependidikan dan memiliki fokus tujuan pada:

  1. Pengembangkan potensi serta kreativitas mengajar bagi pengurus UKM Bakti Sosial Universitas Negeri Semarang
  2. Menjalin relasi dengan instansi pendidikan formal/ non formal
  3. Pengabdian masyarakat yang relevan dengan pendidikan 

Deskripsi Kegiatan

1. Festival Gema Ramadhan

Program Kerja departemen pendidikan yang hanya ada saat Ramadhan. Progja yang mewujudkan festival dalam bentuk perlombaan islami khas bulan ramadhan yang diramaikan dan dimeriahkan oleh anak anak TPQ demi memupuk kecintaan anak anak terhadap agama dan memberikan edukasi keagamaan melalui hal yang menyenangkan.


2. Video Pendidikan
Program kerja departemen pendidikan yang mempublikasikan sebuah informasi bertema pendidikan atau pengetahuan yang bisa membantu para siswa dan mahasiswa dalam sekolah atau kuliahnya.
Vidpen sendiri di upload ke sosial media yang memang sering digunakan anak muda seperti Instagram dan Tiktok. Namun untuk video lengkapnya bisa di akses melalui YouTube baksos.


3. Belajar Bareng Baksos
Salah satu program kerja unggulan departemen pendidikan yang selalu berkolaborasi dengan komunitas yang memiliki hubungan dengan pendidikan dan anak anak. Melakukan kegiatan belajar sambil bermain yang nantinya diharapkan bisa menambah semangat anak anak dalam belajar dan memberikan bekal / pengalaman mengajar bagi fungsio UKM baksos sendiri.


4. Deposit (Deplo Depdik Sosial Visit)
Program kerja departemen pendidikan yang berkolaborasi dengan departemen luar organisasi yang dimana kegiatanya adalah mengunjungi sebuah panti asuhan anak anak. Selain melakukan kunjungan dan memberikan bantuan, peran depdik sendiri biasanya memberikan hiburan untuk anak anak panti tersebut, seperti ice breaking, dan mini games berhadiah, yang didalamnya terdapat unsur pengetahuannya sehingga selain bermain anak anak juga dapat belajar.


5. Upgrading
Bukan program kerja namun lebih kepada kegiatan internal anggota departemen pendidikan sendiri. Kegiatanya lebih kepada seru seruan, dan bonding seperti malam keakraban.
Dilakukan di akhir periode dan biasanya menginap / ngecamp bersama.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departemen Luar Organisasi Bakti Sosial UNNES

Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota Bakti Sosial Unnes